Kepala besar tanda pintar?

Kepala besar tanda pintar?

Beberapa orang yakin bahwa makin besar otak serta lingkar kepala seorang kecerdasannya makin tinggi. Mungkin saja hal semacam itu ada benarnya juga, lantaran makin banyak beberapa sel otak, info juga makin banyak. Tetapi hal semacam itu masih tetap jadi perbincangan.

Otak manusia terbagi dalam otak besar (depan, tengah, belakang) serta otak kecil. Hampir 60 % susunan otak datang dari lemak, terlebih lemak omega 3 yang di ketahui sangatlah baik untuk kecerdasan seorang.

Oleh karenanya, dengan cara teori makin besar susunan otak semestinya orang itu makin pandai, lantaran beberapa sel otaknya bakal lebih aktif serta berkembang.

Tetapi beberapa peneliti berkata lain. Otak yang besar tidak selamanya terkait dengan kepintaran seorang. Bila volume otak jadikan tolak ukur kepintaran, jadi harusnya gajah serta lumba-lumba lebih pandai dari manusia lantaran ukuran otaknya yang terbesar di antara yang lain.

Diambil dari Livescience, Jumat (28/8/2009), peneliti malah lihat tolak ukur pandai serta daya kognitif seorang dari keseimbangan pada berat (massa) relatif otak dengan berat (massa) relatif badan.

Asal tahu saja, rata-rata otak manusia yaitu 2, 7 pon (1. 200 gr) sedang otak gajah yaitu 10, 5 pon (4. 780 gr). Jadi, dibanding dengan gajah, daya kognitif manusia tambah baik lantaran ketidaksamaan berat otak serta badannya masih tetap lebih seimbang di banding gajah.

Ketidaksamaan tingkat kepintaran seorang juga di pengaruhi oleh aspek lain seperti berat type syaraf, ketidaksamaan susunan otak serta aspek sosial.

Besarnya otak seorang juga tak ada hubungan dengan score IQ yang dihasilkan. Tetapi seseorang psikolog asal Virginia Commonwealth University, Michael McDaniel menyanggah hal itu serta menyebutkan bahwa otak yang besar memanglah punya pengaruh pada kecerdasan.

Dalam Journal Intelligence yang terbit th. 2005, Michael mengatakan bahwa volume otak sangatlah erat hubungannya dengan tingkat kecerdasan lantaran makin banyak beberapa sel otak, system serta jaringan info yang dipunyai seorang dalam otaknya juga makin banyak, yang bermakna ia dapat lebih cerdas. Hal semacam itu menurut dia berlaku untuk seluruhnya rentang umur serta type kelamin.

Suatu jurnal yang lain pada th. 2006 mengatakan bahwa laki-laki lebih cerdas dari pada wanita. Hal semacam itu juga disangka lantaran pria mempunyai volume otak yang semakin besar di banding wanita. Tetapi beberapa pakar juga mengatakan aspek sosial yang lain yang memengaruhinya.

Tetapi seberapa besar ukuran otak atau lingkar kepala seorang sesungguhnya bukanlah permasalahan, yang utama seberapa kerap otak itu diasah serta dipakai. Apa berarti otak besar namun tumpul serta tak terpakai?

wdcfawqafwef